Selasa, 26 Juli 2016

Through the lyric. Through the melody. Through the harmony


Source : tumblr.com
Bagiku musik adalah cara lain untuk menyampaikan apa yang kita rasakan. Setidaknya, liriknya berbicara untuk sesuatu yang sulit kita ungkapkan. Musik membuat kita lari sejenak dari realita. Bak candu yang mengikat kita kuat. Membuat kita berhasil terbang dan terbuai oleh fantasi yang kita ciptakan sendiri, dengan hanya mendengar lantunannya.

Sedikit nostalgia. Ketika aku masih TK, aku bahkan sudah mendengarkan lagu Westlife dan Backstreet Boys. Mereka adalah boyband paling populer kala itu.

Namun kemudian penyanyi favoritku saat SD berganti menjadi Ne-Yo, Chris Brown, Craig David, dan aku sangat menyukai boyband asal Inggris bernama Blue. Sampai detik ini aku masih suka mendengar lagu dari Blue. Terutama lagu re-cover berjudul Sorry Seems To Be The Hardest Word yang digarap bersama penyanyi legendaris sepanjang masa, John Elton.

Kalian tidak akan menyangka lagu yang paling aku suka dengarkan saat SD adalah lagu Chris Brown, berjudul With You. Hampir 10 tahun, dan aku masih berharap kelak laki-laki yang akan melamarku akan menyanyikan lagu itu untukku. Lagu paling romantis yang pernah aku dengar.

Sampai aku SMP, aku menyukai dan mengikuti perkembangan musik band (khusunya rock) seperti Avenged Sevenfold, Simple Plan, My Chemical Romance, hingga Paramore.

Dan saat aku SMA, musik yang sedang populer adalah EDM. Avicii, Martin Garrix, David Guetta, dll menjadi DJ yang cukup sering aku dengarkan lagunya kala itu.

Semua perjalanan waktu itu membuatku berpikir : Bahkan sejak aku masih kecil, aku sudah berkenalan dengan musik.

Dari sekian banyak jenis musik. Aku pribadi hampir mendengarkan semua jenis musik. Mulai dari hardcore-rock sampai classic music. Kemudian beberapa hal yang aku dapatkan ketika aku mendengarkan musik. Kalian boleh sepakat atau tidak dengan apa yang aku pikirkan tentang musik.


Musik menciptakan musik-musik lainnya.
Untuk musik rock, Led Zeppelin adalah band rock legendaris paling hebat sepanjang sejarah yang pernah aku ketahui. Lagu Stairway To Heaven menjadi mahakarya dari band ini. Tanpa Led Zeppelin, musik rock mungkin tidak akan tercipta sebagaimana sekarang. Led Zeppelin sering disebut sebagai 'Bapak musik Rock" layaknya Michael Jackson yang menyandang status King Of Pop. Well, aku rasa gelar-gelar itu memang pantas mereka dapatkan.

Mungkin, tanpa adanya Led Zeppelin, band rock seperti Avenged Sevenfold, Dream Theater, dll tidak akan ada di era saat ini. Berkat Led Zeppelin, maka lahirlah musik-musik rock lainnya. Dengan berbagai varian musik rock yang berbeda. Dari waktu ke waktu, zaman ke zaman,

Ketika musik dibawakan oleh seorang yang berkarakter kuat
Keunikan dunia musik tidak berhenti sampai disitu. Ada pula band metal bervokalis wanita seperti Evanescence. Vokalisnya, Amy Lee, adalah wanita hebat yang tak hanya bersuara bagus namun memiliki otak cerdas dan jiwa sosial yang tinggi. Sepengetahuanku, dia terlibat dalam gerakan sosial anti kekerasan terhadap anak/wanita. She shows her own style, and her own beautiness. Apalagi karakter suaranya yang sangat kuat meninggalkan kesan wanita dengan strong and powerful soul.

Banyak musisi hebat di dunia ini yag memiliki karakter kuat, bukan hanya ketika bermusik, namun juga karakter atas kepribadian diri yang mereka miliki. Dan itu membuat lagu mereka semakin terdengar indah, bagiku.

Tentang sebuah musik yang membuat kita berpikir dan berimajinasi
Mungkin kalian tahu band bernama Coldplay. Here i tell you. There are a lot of reasons why i love coldplay's songs. Sh*t, this band tells you everything with its words, through the high-taste music.

Misalnya, lagunya berjudul The Scientist. Aku mendengar lagu ini beberapa tahun lalu. Aku ingat saat aku mendengar lagu ini, aku sedang berada di ujung kegagalan. Manusia membuat banyak kegagalan dalam hidupnya, entah dalam hal apapun itu. Lagu ini membuat kita berpikir tentang banyak kegagalan yang kita alami, seolah rasanya kita ingin mengulang semuanya.

Namun aku menyadari satu hal. Bahwa ironi yang pasti akan dihadapi oleh manusia, adalah kegagalan, Menghindarinya? Tidak mungkin. Hadapilah. Karena Tuhan memang menciptakan sebuah impian untuk kita raih dengan penuh perjuangan. Bukan hal yang mudah? Pasti.

Atau lagu lainnya berjudul Viva La Vida, yang mengantarkan kita kembali kepada masa-masa perpindahan bangsa-bangsa dunia. Mengingatkan kita pada zaman revolusi perancis, atau betapa hebatnya kekuasaan Romawi dan Persia dulu. Sebuah lagu yang membuat kita seolah melihat keruntuhan raja-raja berkuasa nan hebat dulu, kini tinggalah sejarah belaka.

Musik yang ada di zaman sekarang cenderung mengikuti trend pop-culture. So, that's why every single song that we've listened, urgh they just talked about kiss, sex, money, booty-ass, etc. Tapi untungnya masih ada band seperti Coldplay yang menciptakan lagu tentang sejarah, peran agama di dalamnya, dan bagaimana kekuasaan dapat mengontrol dunia ini.

Ada juga lagu lainnya berjudul Up & Up Ah, aku tiada berhenti berimajinasi ketika mendengar lagu ini. Kalian pun pasti merasakan hal yang sama. Coldplay menggali dunia dari sudut pandang yang berbeda. Another 'tricky' music video for up&up. But this 'tricky' music video is awesome ! 

Musik tanpa lirik
Mahakarya Chopin yang berjudul Spring Waltz masih menjadi musik klasik terindah yang mungkin aku pernah dengar. Well, meski ada banyak komposer musik klasik terkenal lainnya di sepanjang sejarah, Mozart misalnya.

Aku tidak mengerti, tapi Chopin berhasil membuatku merasakan jiwa dari lagunya yang tanpa lirik itu, Spring Waltz. Mungkin beberapa diantara kalian pernah mendengar lagu itu. Apa yang kalian pikirkan? Lantunan piano yang mengantarkanmu pada perasaan sepi? Bimbang? Sedih? Ingin menyendiri dan menyepi? Menciptakan heningmu diantara bisingnya dunia? Kurang lebih itu yang aku rasakan saat mendengar lagu ini. Mungkin kalian punya tafsiran tersendiri ketika mendengarnya. Cobalah untuk mendengarnya, kalian tak akan menyesal !



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pada akhirnya, musik menjadi salah satu obat yang menyembuhkan hatiku dari luka. Membuatku terbang tinggi ke langit kebahagiaan. Menjelaskan semua tutur hatiku, tanpa perlu berbicara satu patah katapun. Pada titik tertentu, musik juga yang meyakinkanku terhadap suatu hal yang sempat aku ragukan.

Kita punya alasan masing-masing untuk menyukai atau bahkan tidak menyukai musik, bukan? Ah. Pada akhirnya, saya sepakat dengan apa yang dikatakan Marilyn Manson.

"Music is the strongest form of magic."


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.